PROGRAM KEAGAMAAN

PROGRAM KEAGAMAAN

Program Keagamaan merupakan program yang bertujuan untuk memberikan pendidikan keagamaan bagi masyarakat muslimin.Dalam program ini Yayasan Amal Bakti Insan Madani menyelenggarakan kegiatan seperti peringatan isra mi’raj dan maulid nabi,berbagi takjil,buka puasa bersama,Penerimaan dan penyaluran hewan Qur’ban, Kegiatan Jum’at Barokah setiap pekan dan istighosah bersama.

Berita seputar Program

DO'A BERSAMA DAN SANTUNAN

Doa anak yatim piatu diyakini memiliki kekuatan yang luar biasa karena mereka adalah anak-anak yang suci dan terjaga dari dosa-dosa orang tua. Doa mereka yang tulus dan tanpa pamrih dipercaya mudah dikabulkan oleh Allah SWT.

 

Dalam hadits Rasulullah SAW, beliau bersabda: “Aku dan orang yang mengasuh anak yatim (kedudukannya) di surga seperti ini.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Rasulullah SAW mengibaratkan kedudukan beliau dan orang yang mengasuh anak yatim di surga seperti dua jari telunjuk dan jari tengah yang dirapatkan. Hal ini menunjukkan betapa tinggi kedudukan dan pahala bagi orang yang peduli terhadap anak yatim piatu.

Doa anak yatim memiliki kekuatan yang istimewa karena mereka adalah makhluk yang paling dekat dengan Allah SWT dalam hal kebersihan hati dan kesucian jiwa. Mereka yang merawat dan memuliakan anak yatim, selain mendapatkan pahala yang besar, juga berpotensi mendapatkan keberkahan dari doa-doa yang dipanjatkan oleh anak-anak yatim tersebut.

Menurut ajaran agama Islam seseorang bisa disebut anak yatim jika usianya belum baligh. Baligh bisa dilihat dari tanda-tanda ketika seorang anak laki-laki yang belum pernah mimpi basah. Sedangkan untuk anak perempuan itu bisa dilihat ketika belum pernah mengalami menstruasi. Tanda-tanda baligh juga bisa dilihat dari tumbuhnya rambut di sekitar alat kelamin perempuan maupun laki-laki.

Sedangkan batasan umur laki-laki menginjak masa baligh adalah 15 tahun sedangkan untuk anak perempuannya adalah 9 tahun. Lalu ada hadits mengenai doa anak yatim ini yang bercerita tentang seseorang dengan hati keras hendak melunakkan hatinya. Rasulullah SAW yang mendengar pertanyaan tersebut langsung berkata jika ingin melembutkan hati maka caranya dengan menyantuni anak yatim dan mengusap kepalanya.

Apabila kamu menyantuni anak yatim maka Allah SWT sudah berjanji akan mengabulkan segala keinginan dan melimpahkan rezeki untuk orang yang bersedekah. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan santunan seperti dengan memberikan pakaian, membiayai pendidikan dan sebagainya.

Berikut beberapa keutamaan doa anak yatim piatu:

– Mudah dikabulkan Allah SWT.
– Mempersingkat waktu terkabulnya doa.
– Menjadi sebab turunnya rahmat Allah SWT.
– Menyelamatkan orang yang mendoakannya dari api neraka.
– Meningkatkan derajat orang yang mendoakannya di surga.

 

ISRA MI'RAJ

Isra Miraj adalah peristiwa penting dalam sejarah Islam, yang terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-12 kenabian Nabi Muhammad SAW.

Di momen ini YABIM  memberikan Apresiasi kepada anak anak yang berhasil menghafal JUZ 30 sebagai bentuk kepedulian dan motivasi kepada anak anak lainnya.